PHOBIA


Saya tertawa geli,  melihat teman saya pucat ketika ditunjukkan seikat bawang merah, menjerit ; entah geli, takut, atau jijik. Wajahnya pucat, dan dia menutup wajahnya dengan kedua belah tangannya yang gemetar. Saya yang mengira dia bercanda masih terus saja tertawa, terpingkal-pingkal, sambil terus menyodorkan bawang merah. Saya kira dia bercanda, pura-pura takut atau apa?, lagipula cuma bawang merah, apa pula yang menakutkan dari bawang merah ini? Aneh…


Tapi ternyata dia benar-benar takut. Saya jadi menyesal. Masih dengan wajah yang pucat, dia bercerita tantang bawang merah yang menakutkannya itu. Sejarah yang buruk yang diciptakan bawang merah ternyata membekas. Hebat juga ya, pengaruh bawang merah terhadap kejiwaannya.

Hampir sama dengan teman saya itu…saya juga memiliki ketakutan yang luar biasa terhadap “Balon”. Iya, balon !, semua jenis balon !. Entahlah saya merinding bila berdekatan dengan benda yang disukai anak anak ini. Tidak hanya merinding, saya lebih memilih menghindar dari kerumunan, dan keriangan anak-anak yang berlarian membawa balon warna warni. Praktis, setiap acara ultah anak dan kemenakan, saya menyingkirkan benda itu jauh-jauh.

Bulat dan mengkilat! itulah yang membuat saya takut. Di pikiran saya, benda bulat dan mengkilat, disesaki udara, akan mudah meletus. Dan itu menakutkan. Ini bisa disebut phobia.

Secara umum, phobia adalah rasa ketakutan kuat (berlebihan) terhadap suatu benda, situasi, atau kejadian, yang ditandai dengan keinginan untuk menjauhkan diri dari sesuatu yang dianggap menakutkan. Parahnya kalau sampai panik, penderitanya bisa sesak nafas, berkeringat, dan tidak dapat menggerakkan badannya.

Ada banyak jenis phobia. Ada yang takut dengan ketinggian, phobia berada di tempat yang sempit, phobia gelap, dan phobia bawang merah, serta balon, yang seperti tak masuk akal tadi. Phobia  termasuk salah satu bentuk  bentuk gangguan psikologis yang lebih sering disebabkan oleh kejadian traumatis.

Lalu…kamu takut pada apa?, iya..kamu !!! 

 

 

Advertisements

43 thoughts on “PHOBIA

  1. aku phobia ulet bulu!
    tiap mau jalan ke arah gedung kampus dari parkiran (yg ada pohon rindang penuh ulet bulu) aku pasti langsung lari sekenceng-kencengnya sambil treak-treak :mrgreen:

    bodohnya, aku ngelewatin pohon itu tiap mau kuliah 😦

  2. aku fobia ketinggian. mak plas jantungku lek nyawang ngisor. hmmm. ada ide? apa harus ke psikiater yah.. ato latihan manjat menara? heuheuhehe

  3. mungkin ngga cuman balon mbak… kan sumberyang nakutin klo pas meledak kan ya balonnya .. .jadi smua yang bisa gampang meledak bikin takut 😀

    klo saya… ngga takut apa2 sayah ini 😀 hihiihi

  4. kayaknya kalo saya ga sampe phobia deh jika takut ama sesuatu,coz apa yang saya takutin kbnyakan orang jg sama takut. Contohnya ular. . .

  5. takut ketinggian, setelah 2x jatuh dari pohon. setiap naik pohon pasti turunnya keringat dingin. solusinya jangan lihat ke bawah :d

  6. saya?
    saya takut setengah mati sama kecoa (dan akhir2 ini juga ngeri sama jangkrik, belalang dan sebangsanya)..
    mbuh ndak tau apa alasan pastinya, pokoknya aku takut banget sama mereka 😦
    *nulis ini aja udah merinding*

  7. saya phobia sarang semut!

    btw, temenku ada lho yang phobia sama tomat! padahal tomat kan menyehatkan yahh… *walopun ndak suka juga :p*

  8. hihihi.. phobia skrg ya aneh2 yaa bun’.. klu aku gag aneh2 kok phobia nya, aku pernah pingsan krn keisengan teman kantor aku yg membawa hamster ke meja kerja aku ;( hiyyyy amit2 dehhhh………….

  9. kalo dakuw phobia kalo lg di kolam yg air keruh bahkan di pantai sekalipun. Selalu bayangin ada aligator, buaya atau hiu yg siap menerkam. hihhhh. **akibat nonton pilem2 hewan buas di air**

  10. aku takut dibunuh dan dirampok mbak…
    eh satu lagi, aku takut dikejar2 para lelaki..secara aku tuh orang nya selalu bikin laki2 kepincut..

    eh tampar dong saya, biar sadar…
    heuheuheueh
    😀

  11. aku phobia cowo cakep tipe kesukaanku hehe…takut jadi naksir!!!

    pa kabar nai, lama gak kesini, unimu lagi sok busy dikejar2 dedlen.

  12. hwa…dulu sayah takut banget sama AYAM! Iya! Ayam! Juga Kucing.. pasti lari terbirit2 dan menjerit sampai kehabisan nafas… tapi ayam hidup lho itu… terus entah kenapa sekarang malah jadi deket ma kucing tapi kalo ayam… teteup 😀
    pa kabar mbak? Kapan yak ketemu lagi? huehehehe

  13. Assalammu’alaikum Wr.Wb Jan 7, 2009
    BAGAIMANA KAMI MEMBANTU ANDA….
    Hampir disetiap masalah dalam kehidupan baik masalah emosional maupun fisik, ketidakselarasan tubuh, fikiran dan jiwa lah yang menjadi penyebab utama.
    Dua pendekatan utama yang kami gunakan yang Insya Allah dapat membantu Anda memulihkan kembali keselarasan diri adalah melalui:

    * Edukasi :
    Kami sadar bahwa banyak diantara kita tidak pernah belajar tentang serangkaian ketrampilan dasar hidup, terutama seputar kecerdasan hati dan jiwa.
    Oleh karena itu berbagai teknik praktis akan diberikan pada Anda sebagai alat bantu penyembuhan yang dapat diterapkan secara mudah dan efektif.
    Setelah trampil, kami pun mengajak para klien kami untuk belajar lebih jauh agar bisa membantu penyembuhan bagi anggota keluarga maupun sahabat dekat. Lebih jauh lagi, ketika individunya siap, kami pun memberikan pelatihan untuk dapat menjadi seorang terapis.

    * Terapi Individual :
    Kami juga paham bahwa tidak semua masalah / penyakit selalu bisa diselesaikan secara mandiri, dan terkadang membutuhkan fasilitasi penyembuhan oleh seorang terapis profesional.Rumah Terapi Harum diperuntukkan bagi Anda yang merasa masih membutuhkan konsultasi dan terapi.

    Melalui sentuhan ringan beberapa titik akupunktur Insya Allah kami dapat membantu Anda untuk menyelesaikan masalah -masalah seperti:

    * Mengatasi luka batin / trauma berbagai masalah seperti kehilangan orang dikasihi, bencana alam, pelecehan seksual, korban kekerasan rumah tangga, korban kecelakaan lalu lintas, dll.
    * Mencairkan stres, ketakutan dan serangan panik
    * Melepaskan amarah serta beban emosi yang sulit diatasi
    * Mengurangi dan membantu penyembuhan alergi
    * Membantu penyembuhan psikosomatis, dan menetralisir berbagai penyebab emosional yang mengakari penyakit kronis
    * Terbebas dari keyakinan negatif yang membelenggu kita untuk tumbuh dan sukses, baik dari diri kita maupun ucapan orang lain.
    * Segala bentuk phobia ( Ketakutan )
    * Mengatasi rasa sakit pada tubuh
    * Nyeri ketika Haid
    * Migrain yang tak kunjung sembuh
    * Sulit Tidur
    * Kurang Percaya Diri
    * Gagap ketika berbicara
    * Mengatasi kebiasaan buruk ( Merokok, Matrubasi, Mengigit kuku, dll )
    * Prilaku Kompulsif ( Tidak Terkontrol )

    Jadwal Praktek Terapi Individual :
    Setiap Hari : 09.00 s/d 19.00 ( Harus Melalui Perjanjian )
    Persesi Maximal 75 Menit
    Biaya Terapi Persesi :
    @ 50.000,-/ Sesi
    @ 100.000,-/ Sesi
    Atau Seiklasnya bagi yang tidak mampu, karena 100 % biaya yang anda keluarkan akan dipergunakan untuk kepentingan sosial dan pendidikan.

    Terapi Panggilan Kerumah :
    Setiap Hari : 17.00 s/d 20.00 (Khusus Wilayah Bekasi dan Jakarta )

    Pelatihan Terapi Gratis :
    Setiap Sabtu Dan Ahad ( Harus Melalui Perjanjian )
    Bisa Ditempat Kami Ataupun Panggilan
    Minimal 20 Peserta

    RUMAH TERAPI HARUM
    Perum.Villa Gading Harapan Block F1 No. 1( Belakang TK Islam An Nahla )
    Ujung Harapan ( Pesantren At Taqwa,KH. Noer Ali )
    Babelan – Bekasi

    Email : maknunfajarsusilo@ymail.com
    Layanan Konsultasi Dan Terapi
    Maknun fajar Susilo, Cht
    021-93360773

  14. gw mungkin termasuk orang yg phobia ketinggian dan sedikit phobia ruang sempit …… hehehe ….. kalo temen SMA gw dulu ada yg phobia tomat …. aneh deh ….. tp lucu ……. 😆 ..
    salamkenal …

  15. Aku phobia sama bawang merah, aku paling bencin lihat bentuk dan baunya, rasanya mual kalau udah cium bau bawang. Salam kenal

  16. Apa cuman gua disini yg geli yg takut sama karet gelang selama ini gua selalu menutupi itu sama teman paling cuman nyokap yg tau hahahhaha entah liat karet dirumah ud kek kiamat

  17. Aku juga takut bawang merah.. Sekarang ud mendingan,, udah mulai ga begitu risih kalo liat bawang merah, ud ga apa2 klo kemakan bawang goreng, tp tetep ga mau nyentuh apalagi genggam,, kesentuh dikit aja ud pengen buru2 cuci tangan pake sabun wangi, terus ga pernah mau pakai barang yg ud pernah kena bawang merah sekalipun itu benda ud dicuci.. Sejarahnya dulu waktu balita, ada kulit bawang merah yg nempel di jari kaki, minta tolong almh. Ibu buat nyopotin tapi malah dibecandain sampai jerit2,, terus waktu kecil masuk angin dibalur pakai minyak dan bawang merah gak suka sama baunya.. Alhasil jadi ga suka dan lebih ke takutt sama bawang merah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s