Selamat Ulang Tahun, Pak


Untuk Bapak tersayang…

Dulu, saat ibu masih ada…setiap sore di beranda rumah, kita kerap mengisinya dengan cerita. Menghabiskan bergelas-gelas kopi diselingi tawa. Kami, anak-anakmu…diberi kesempatan bercerita pengalaman masing-masing, dan cerita yang paling kami tunggu adalah cerita-ceritamu, Pak. Tak ada kata, semua mata tertuju padamu, mendengarkannya kisah hidup yang hendak kau bagi pada kami ; anak-anakmu.

Ada saja hal yang menarik kita bincangkan di setiap senja menjelang. Aku, selalu mendapat tempat istimewa dibandingkan kakak-kakaku, pangkuan dan pelukan hangatmu itu pak yang membuatku merindui saat-saat yang sulit kuulangi. Dan ibu, yang ada di sampingmu dengan setia memijat punggungmu yang lelah. Aku tau’ย  Engkau menyukai cara Ibu menatapmu ; mesra sekali katamu. Hmmm memang, mata teduh ibu mampu mendamaikan hati kita ya pak?.

Tumpeng dengan cabai merah sebagai lilinya, selalu tersedia di meja makan kita yang besar di setiap ulang tahunmu, ulang tahun kita semua. Dan tangan ibu yang terampil itu meraciknya menjadi hidangan istimewa. Tak ada lilin, tak ada kue, hanya tumpeng, bingkisan kecil, dan kecupan selamat. Indah sekali masa itu pak. Kubawa hingga kini. Lekat dalam ingatan.

Aku ingat…sepulangmu bekerja, sebatang coklat dan majalah selalu menjadi buah tanganmu. Aku juga ingat ragam dongengmu yang senantiasa mengantar tidurku. Selalu saja ada yang baru. Belakangan aku tau’ dongeng-dongeng itu hanya karanganmu. Engkau piawai bercerita juga bermain sulap. See betapa kau adalah sosok ayah yang hebat.

Beragam tanaman dan bunga tumbuh subur di halaman rumah kita. Anggrek dan bougenvile adalah dua diantara bunga lain yang menjadi bunga kesayanganmu. Kau tak lupa mengajakku serta, mencangkok, menggemburkan tanah, dan memberi pupuk pada tanaman-tanaman itu. “Jangan takut kotor”, begitu katamu. Dan aku selalu menyambut uluran sekop dan selang darimu, bermain tanah dan air sepuas-puasnya. Kalau sudah begitu, ibu akan datang mendelikkan matanya yang sipit, lucu sekali !

Bermain layang-layang, kartu, kelereng, bersepeda, petak umpet, perang-perangan, dan memancing ikan di sungai adalah permainan andalan kita kala itu. Kau tak pernah mengatakan bahwa semua permainan itu hanya boleh dimainkan oleh anak laki-laki. Ah pak, sadarku sejak kecil kau mengajarkan tentang kesetaraan gender padaku.

Hari ini pak…aku mengenang semuanya. Potongan-potongan kisah dulu, menjadi potongan puzzle yang acak…dan aku menyusunnya satu-satu. Hari ini, pagi-pagi sekali aku ucapkan selamat dan syukur, atas nikmat Allah diberi Ayah sepertimu. Atas kesempatan berlama-lama merasakan kasih sayangmu, atas semua pelajaran berharga yang kau beri untukku. Aku ingin menjadi yang pertama mengucapkan selamat ulang tahun untukmu, pak… Bahkan aku tak ingin ayam jantan dan matahari menyampaikannya lebih dulu kepadamu.

Bila hari ini ada yang bertanya kepadaku ; siapa laki-laki yang paling hebat itu? pasti jawabanku adalah Engkau…

Selamat ulang tahun, Bapak … panjang umur, sehat, dan semoga bermanfaat usia yang diberikan Allah untukmu. Amien…

Advertisements

13 thoughts on “Selamat Ulang Tahun, Pak

  1. Selamat ulangtahun juga Pak… Senang ya punya anak yang begitu perhatian sama Bapak ๐Ÿ™‚

    ->senang dong Da ..hehhe makasih ya

  2. selamat ultah bwt bapak bun, i wish aku masih bisa bercakap2 dgn bapakku

    dan ya memang lelaki hebad dalam hidup itu adalah bapak

    -> beruntung kita memiliki Bapak yang hebat yah Mbit ๐Ÿ˜‰

  3. uuuuh, manis sekali postingan selamat ulang taunnya. semoga diparingi panjang umur dan selalu sehat buat bapak ya, nai.. ๐Ÿ˜€

    -> amin amin…makasih Mbok ya

  4. duh… klo Bapak membaca tulisan ini, aku tak bisa membayangkan seberapa besar gemuruh haru dan bahagia yang akan mengguncang dadanya.

    selamat ulang tahun yah buat Bapaknya mbak Unai, semoga senantiasa dikaruniai umur dan kesehatan yang barokah. amin.

    ->bapak juga pernah menuliskan hal serupa untukku, Fa…dan benar..aku bergemuruh..tangis

  5. Selamat milad untuk bapak mbak unai, semoga selalu diberikan kesehatan oleh-Nya. Amin.

    Wah zodiak bapak mbak unai sama dengan saya ๐Ÿ˜€

  6. waaah selamat ulang tahun ya buat Bapak ya salam buat bliau ๐Ÿ™‚ pasti senang besok bisa ketemu Bapak

  7. pasti bapakmu berkaca2 baca ini ya nai. selamat ultah juga buat bapak, semoga sehat senantiasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s