Jembatan Siti Nurbaya


            Sinur 2

Belum ke Padang bila belum singgah ke Jembatan Siti Nurbaya. Jembatan sepanjang 60 meter ini menghubungkan kota tua Padang dengan Taman Siti Nurbaya (tempat Siti Nurbaya dimakamkan). Membentang gagah di Muara Batang Arau.


            Sinur3

Jembatan ini nampak cantik bila senja menjelang. Pijar mercuri, sepoi angin pantai, dan lampu-lampu kapal yang mulai dinyalakan menambah romantis suasana. Tak heran bila anak-anak muda memadati jembatan ini, untuk memadu kasih  atau sekedar menikmati roti , pisang, dan jagung bakar yang dijual di sisi kanan dan kiri jembatan.

            Sinur7

Warna-warni kursi plastik yang disediakan penjaja makanan ringan, memeriahkan senja yang hangat sapa kerabat. Secangkir kopi, sepotong roti, ditambah jagung bakar manis dengan aneka rasa pilihan, sempurna berpadu dengan pemandangan yang memanjakan mata.

          Sinur4

Dari  badan  Jembatan  ini kita bisa melihat pemandangan Bukit Gunung Padang dan sunset yang berwarna jingga. Kita juga dapat sekaligus menikmati bangunan-bangunan tua di sepanjang kota tua Padang ; kota jaman kolonial Belanda lengkap dengan  kapal-kapal nelayan yang mulai merapat di dermaga muara.

          Sinur6

Bila diperhatikan dengan seksama, lampu-lampu di sepanjang jembatan ini membentuk rumah bagonjong, ciri khas bangunan di Sumatera Barat. Bila Banjarmasin terkenal dengan jembatan Barito, Palembang dengan jembatan Ampera, Padang  memiliki icon wisata yang tak kalah indahnya dan wajib dikunjungi ; Jembatan Siti Nurbaya.

 

Advertisements

35 thoughts on “Jembatan Siti Nurbaya

  1. wah indah sekali… thanks ni bisa jadi referensi kunjungan bila suatu saat singgah di kota Padang….

    -> harus singgah kalu sudah di padang, nang

  2. walah bun, jd kepengen ksana…trus bawa fotografer trus puas2in narsis. 😀

    -> iyah Mbit, aku pingin ke sana lagi juga, blom puas keliling2

  3. itu di pinggir jembatan selalu rame penjaja makanan bgitu? apa nggak mempengaruhi kekuatan jembatan?

    -> Entahlah Kow…ini jembatan baru kok, mungkin kokoh bangunannya. Kalau hanya untuk berjualan saya rasa kuat2 saja, apalagi cuman jualan jagungbakar, nah kalo jualan tronton mungkin ambrol 😛

  4. wow… bagus yaa… jadi pengen ke sana (ato pengen ke sumatra).. belom pernah kesitu.
    eniwei fotonya manteb tuh.

    ->jangan nunggu tua, ke sanalah Phan 🙂

  5. itu kalo dijogja enaknya dibangun diatas kali code, kali opak atau kali progo ya bun. oh ya bun, lama ndak silaturahim gimana kabarnya? 🙂

    -> kabar baik baik Nots…cuman agak gak bisa kemana mana, padat merayap soalnya.

  6. ck..ck… pemandangan yang indah di tangan fotografer yg tepat! 🙂

    ->fotografer amatiran mah …thanks tante Fa

  7. wuiiiih mantab banget bu pemandangannya…
    hasil jepretannya muantab surantab

    -> makasih Om, kapan ajak si kecil bareng ke sana yuk

  8. Ya ya tapi ingat lho … tempat Siti Nurbaya dimakamkan … sebagai pemanis saja. Soalnya Siti Nurbaya itu fiksi, dari novel. Bahwa jembatannya siiiiiip ya iyalah. Waduh Nai … mambuek makin taragak pulang sajo Unai ko

    ->Pulang se lah Pak…bilo taragak, indak ado ubeknyo ko

  9. wahh .. bun bakat fotografernya belum ilang juga… manatep dah hasilnya.jadi kepengen jeprat-jepret dan bergaya narsis berasam bunda dan mas e

  10. foto2nya kewren.. 🙂
    jadi berasa lebih eksotik dari byasanya…
    betewe, di djokdja bisa tuh di lempuyangan dibikin kayak jembatan siti nurbaya, tinggal kasih aja lampu2 tradisiyonil, mejengin para vendor jagung bakar, roti bakar, sate bakar dlsbg.. pasti asik tuh.. 😉

  11. waaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaah………………. cakep banget.
    Aq ga pernah tau klo daerah asalq punya tempat yg bagus bgt ‘coz aq kan blm pernah 1x pun ke padang.Ya ampun aq seneng bgt jd anak minang , ternyt msh ada yg bisa dibanggain dr sana.

  12. I LOV” U MINANG TERCINTA,,

    TERUS BERJUANG MELESTARIKAN KEINDAHAN KOTA MU,,

    aku anak negeri mersa bgga akn ke indhn kotamu,kpn2 kalo da ksmpatan maen2 kesana la,,pengeeeen kali ksitu,,lum pernah soal ny,,,

  13. waaah palagi m yayank t’cinta,hehe

    semakin menambah nikmatnya menikmati kota yang terkenal dgn jmbtn st nby,,,

  14. Aqu mrasa bangga jadi anak nagari rang minang,mempunyai tempat indah d kota kelahiran qu,kota padang. Maju trus padang,menuju yg terbaik. Slm buat rang minang d manapun brada.

  15. siti nurbaya itu benar ada atau hanya sebuah karangan novel???
    kok ada makamnya???
    beneran itu makam siti nurbaya??

  16. baGus banGet dah tu jeMbaTan……” taPi saYanG ye cInTa siTi yG g’ kEsAmPaiaN M tu..,mR. mas aP ya? oh mas saMsuL B…” CInta Yg MEmIlukaN…// G’ JMp DIDuNIA disuRga baranG x……..!!!!!

  17. yup.. mang bener………..
    aku baru aja dari sana malem2….
    suwer…. very-very uapikkkkk tenan…..
    apalagi nyangkruk di atas pagar jembatan…
    pokoknya nuarsis puooollllllll disana….
    jadi pengen kesana lagi……………….
    kapan yaw…….!!!!
    adakah yang ngajak yaw……… hiks—hiks—
    hehehehehehehehe……….

  18. Indah sekali. bisa dijadikan objek wisata domestik maupun international. Tapi sangat saya sayangkan, Kebiasaan kita dari rakyat sampai para pejabat. dari yang tidak sekolah sampai Master S10.yaitu prilakunya,kalau tempat wisata seharusnya tempat-tempat penjual makanan dilokasikan (ditempatkan ditempat yang khusus),tidak semua tempat dijadikan tempat berjualan. Jadi tempatnya menjadi bersih dan itulah yang disukai oleh wisatawan manca negara. Kalau prilaku kita kebanyakan makan, minum, kencing,berak disebarang tempat dan bahkan dijadikan tempat mesum dimana2. dan semuanya tutup mata melihat kejadian tersebut dari pejabat yang berwenang kadang tidak mau bertindak dan malah ikut-ikutan.Kapan kita akan maju dan berbudaya/beradab?Wasalam:darmantokasan@yahoo.com

  19. tiap malming gw nongkrong d jembtan ne,, mantap…
    kata sapa jmbatan ne baru.. dari jaman blanda dah di buat…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s