Dan..angkot yang nyentrik itu ada di sini…



Datang ke suatu tempat yang baru dan belum pernah dikunjungi, selalu mendatangkan keingintahuan. Saya pasti ingin tahu rasa makanan khasnya, blusukan ke pasar tradisional, dan mencicipi yang satu ini ; angkot padang yang terkenal itu.

Bila Mbak Sipit, yang lebih memilih taksi daripada angkot yang katanya butuh kesabaran ekstra kalau ingin menjadi penumpangnya, saya malah sudah sejak jauh hari berharap bisa naik angkot di kota itu. Bahkan pesan singkat saya kirim untuk tour guide saya jauh sebelum hari kedatangan saya;

Bilo ambo tibo, jan lupo ajak ambo naiak angkot tu yo”

Sayangnya, siang itu…. saya hanya bisa keliling Padang dengan angkot hanya berdua saja dengan supirnya. Angkot jurusan Pasaraya-Jati-Siteba akhirnya menjadi pilihan saya. Kebetuan siang itu angkot sepi penumpang. Saya bisa duduk di depan, persis bersebelahan dengan pengemudinya membuat saya leluasa melihat kota indah ini dari balik jendela.

Sambil mendengarkan house music (untuk tidak mengatakan saya menikmatinya) yang disetel dengan volume penuh- cukup memekakkan telinga, saya meminta kepada sopir angkot untuk menurunkan kecepatan angkotnya. Sesekali saya memintanya untuk berhenti, sekedar mengabadikan momen dengan kamera yang ada di genggaman. Dan ketika saya memintanya untuk mengganti ingar bingar house music itu dengan jenis musik lain yang lebih bisa dinikmati, dia tersenyum, sambil berkata dengan logat Minang yang kental ;

“Kalau tidak ada musik ini, angkot saya sepi, Mbak”

Lalu mengalirlah obrolan kami. Mau tak mau dia mengalah juga dan mengganti house music-nya dengan lagu-laguIndonesia yang sedang katanya sedang nge-top (tapi saya ndak kenal itu).

Ah..angkot di Padang ini terkenal nyentriknya, mulai dari tampilan luarnya yang penuh stiker warna-warni, sampai dengan interiornya yang membuat saya betul-betul ternganga. Lampu disko kelap-kelip, Speaker yang segede gaban ditempatkan di bagian belakang, bahkan penumpang bisa karaoke di dalam angkot itu. Ckckck...

Dan….u know what? untuk mendadani angkot ini agar menjadi cantik, nyentrik dan norak ini, pemiliknya rela mengeluarkan puluhan juta rupiah. Ugh..sangat tak sebanding dengan tarifnya yang hanya seharga dua ribu rupiah itu.

“Kapan balik modalnya, Pak ?”

PS. Mbit..kalo naik angkot yang ini kamu pasti suka ๐Ÿ™‚

Advertisements

26 thoughts on “Dan..angkot yang nyentrik itu ada di sini…

  1. wah unai neh dah sempat dengerin house music-nya ala angkot padang ya,..angkot serupa juga ada di pekanbaru nai,..tapi di padang lebih nyentrik deh,..nah yang jadi masalahnya copet dan penodong lumyan sering beroperasi diangkot seperti itu,..karena kaca pilemnya gelap,…btw selamat deh,..ntar klu ada kesemapatan lagi naik bis kota padang ya,..wah pake dvd lho didalamnya,..full dvd

  2. Tau kah kau kakanda lekaki payah itu, dia adalah yang tak kuasa kena bujuk rayu wanita. Lalu tau kah kau lelaki lemah itu, dialah yang tak kuasa membujuk wanita.

    Nah saya bukan lelaki payah dan lemah…saya berhasil membujuk mu..

    *sungkem mas is*

  3. Wah, makasih ya sdh berbagi cerita soal angkot padang. Temen saya yang orang PYK pernah cerita soal kehebohan itu angkot. Ternyata teman saya benar dan tdk melebih2kan ceritanya. BTW, selamat pindah rumah deh. Biar betah yaaa…

  4. wew, bener2 baru tau deh klo ada angkot ‘diragati’ sampe segitunya, bukankah di Jogja dan Malang, yg namanya angkot berpenampilan apa adanya (asal bisa jalan kayaknya) hehe… *jd penasaran, kursinya empuk juga mbak?*

    btw, selamat pindah ke rumah baru ya mbak, kayaknya lebih seger di sini ๐Ÿ˜€

  5. halo salam kenal…
    laen kali walkmannya diaktifkan, drpd brisik gt…toh headsetnya ketutupan kerudung ๐Ÿ˜›

    wah ni perjalanan dalam rangka apa nih? ga dijelasin? Saya baca dari awal lho…

  6. @Goore: makasi sudah berkunjung, kalo berisik tinggal minta pak supir ganti lagunya, dan mengecilkan volumenya kan..hehe ke PAdang dalam kunjungan kenegaran, uh pen ke sana lagi deh

  7. Selamat pindahan ya Nai. Ini baru enak, bisa komen lagi. Di tempat lama, susah banget ngasih komen…. Moga betah di rumah baru ini ๐Ÿ™‚

  8. 1. unai pindah rumah. baru tau aku.. ๐Ÿ™‚
    2. itu angkot kreatippp pisan ya.. hebat euy..
    3. foto pertama juga keren. hehh..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s