Hari Pertama di Padang


Kunjungan kenegaraan ke Padang, aha..tugas kantor akhirnya yang membawa saya sapai ke kota itu. Sebelumnya hanya bisa berandai saja, kapan bisa datang, menginjakkan kaki di kota yang menghasilkan banyak penulis ternama itu?

Terbang pagi pagi sekali dari Jogja-Jakarta-Padang. Jam 10 saya sudah tiba di Bandar Udara Internasional Minangkabau. Saya terpekik salam hati…

“ohh saya tiba juga di negeri antah berantah ini, kota yang belum pernah saya kunjungi, sebelumnya.”

Sengaja saya tidak mengabari Uda tentang waktu kedatangan saya ini tidak juga Cici. Mereka hanya tau, saya akan datang nanti, dengan penerbangan terakhir. Bergegas saya melompat ke dalam Damri setelah mengambil bagasi, menentengnya, dan menempatkannya di bawah tempat duduk saya. Barulah di dalam perjalanan menuju hotel saya kirim sms untuk uda ;
“Sabanta lai ambo tibo di sinan da, tunggu se 😉

tersenyum saya menekan tombol send dan membayangkan uda yang merasa ditipu. Dia mengira saya akan datang menjelang malam, ternyata masih pagi saya sudah tiba di sana. 45 menit perjalanan menuju pusat kota, tempat penginapan yang sudah sejak jauh hari saya pesan ini berada.

Siang itu di hari pertama saya datang, sambil menunggu teman blogger yang datang menemui, saya mencicipi soto “Simpang Karya” yang kebetulan jaraknya hanya selemparan kolor dengan hotel. Warung kecil yang terletak di ujung (entah pelimaan entah perempatan) ini ramai sekali. Tak heran karena memang sudah waktunya makan siang.

Hanya ada satu bangku kosong menghadap ke jalan. Satu mangkuk kecil soto dengan sepiring “nasi tak kompak” (untuk mengatakan nasi yang keras dan berhamburan) dengan lahap saya nikmati. Tapi sebelumnya saya mengamati bagaimana cara orang Minang ini menikmati sotonya. Mereka menumpahkan semua soto di dalam mangkuk itu ke dalam piring nasi, Olala…

Sambil menikmati sendok demi sendok soto yang nikmat itu, saya telpon Om cakep ini. Jadilah siang itu saya makan soto sambil ‘ditemani’ dari jauh. Thanks yah Om ;).

Berjalan menyusur pusat kota di tengah hari panas dan sendirian membuat saya benar benar merasa terasing di sini. Ditambah saya tak pandai berbahasa seperti mereka, duhhh Saya segera sms Cici, minta ditemani. Sayang Cici datang ketika hari menjelang malam. Dengan sepeda motor pinjaman, saya dan Cici menikmati es kelapa muda di tepi Pantai Padang, sambil mengantar matahari pulang. suatu pemandangan indah belum saya lihat sebelumnya.

Lihat…betapa hati saya tertambat di ranting kering dan jingganya mentari senja itu.

*) bersambung…

Advertisements

14 thoughts on “Hari Pertama di Padang

  1. Sslamt Datang di padang ya mbak,…moga berkesan,..oya klu doyan makan-makan jgn lupa singgah di Cendol Patimura,…kira-kira 500 kali lemparan kolor deh,…hehehe

  2. Bun, jangan lupa pesenan saya, didit dan Zam. Yang gelis, berjilbab, dan tidak pernah protes kalo ditinggal jengjeng 😀

  3. duh!!! jeng jeng ke padang rupanya si bunda.
    jangan lupa beli kripik singkong pedes “Ny. Cristin”. pasti ntar ketagihan bun. he……

  4. tante, judulnya tuh membuat yang baca mengira si tante “tengah” berada di padang di hari pertama, hhihii.. padahal itu cerita hari pertama di padang ya? dan sekarang sudah berada jutaan lemparan kolor plus daleman lain dari padang, kan? hihihi…
    fotonya seindah cerita yang tante katakan langsung senja itu…

  5. wah ke padang…aku blom prnh ke padang.
    aku cekikikan baca istilah selemparan kolor..kekekekek ada2 aja degh

  6. sumpah, kaget waktu terima sms mb unai. kira gak jadi ke padang karena gak ada kbr beritanya. ternyata…
    nice 2 meet u 🙂
    kpn2 ke padang lg ya…bawa babe n alif juga

  7. waaah Unai sudah jadi fotografer prof nih, keren bgt fotonya, masa lautku bisa kaya gitu, pantai mana tuh nai? rinduu pulang kampuang!

  8. Salam kenal, ajari dong jadi fotografer. Hasil fotonya indah banget tuh….eh katanya di padang itu banyak orang (pria) kawin lebih dari satu kali karena semua biaya ditanggung sama pihak wanita, masih gak sih terjadi sekarang…?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s