Bahasa Lisan vs bahasa Tulisan



Bahasa sebagai alat komunikasi tak jarang membuat kita terperangah dibuatnya. Bangaimana tidak, dari huruf vokal dan konsonan bisa menjadi kalimat yang sarat arti.

Bila sebagian orang lebih mahir menyatakan atau mengemukakan pikirannya dengan menulis, praktis yang digunakannya adalah bahasa tulis. Perkara ketidaksesuaian ejaan atau tidak menggunakan EYD yang baik dan benar akan menjadi sangat jelas terlihat. Berbeda dengan bahasa lisan. Kita nggak pernah mempermasalahkan apakah penggunaan EYD-nya tepat atau tidak. yang penting kita dapat menangkap maknanya. Didukung pula oleh gesture orang yang berbicara.

Bagi kita yang hanya kenal di dunia maya, praktis yang kita kenal hanyalah tulisan. Sedikit banyak kita bisa mengenal karakter sang penulis. Ada yang menulis dengan bahasa yang lincah, gembira ria dan enak dibaca, ada juga yang menulis dengan bahasa sastra, pemilihan kata yang sangat hati hati dan indah membuat pembaca terbuai dan terbangunlah image bahwa penulis pastilah orang yang berjiwa seni tinggi, romantis, dll.

Bahasa menunjukkan bangsa. Sudah tentu itu….

Nah…kalau kasus teman saya ini, Dia ini sebetulnya dia enak diajak bicara. Ramah dan menyenangkan, karena dia humoris. Teman ngobrol yang asik. Tapi tiba di bahasa tulisnya…alamak !!! banyak sekali orang yang tersinggung dengan kalimat yang dia tulis di papan chat atau di milis. Sebetulnya tak akan menjadi masalah apa apa, karena toh sudah mengenal baik dengan sang empunya tulisan. Tapiiii inilah rumitnya bahasa tulis. Apa yang dibaca akan diserap tergantung persepsi orang yang membaca, karena tak ada kontak mata dan gesture yang menunjang. Jadi pure melahap dan mengartikan apa yang ditulis sebagai ungkapan perasaan.

“CEPAT KESINIIIII”

Bagaimana menurut persepsi sampeyan dengan membaca kalimat di atas tadi ?

Nah loh, kalau hati sedang tentrem, adem ayem saja membaca tulisan itu di papan chat atau di milis saja sepertinya tak akan ada rasa dan efek apa apa. Tapi kalau sedang tak enak hati, membaca kalimat di atas entahlah seperti apa rasanya…???

*) gambar tak sesui dengan judul postingan, gak nemu image yang tepat sih πŸ™‚

Advertisements

17 thoughts on “Bahasa Lisan vs bahasa Tulisan

  1. bahasa lisan dan bahasa tulis emang beda. Kadang ada yg jago berbahasa lisan, tapi tak pandai berbahasa tulisan, dan begitu pula sebaliknya. Dan ada pula jago kedua-duanya, dan buruk kedua2nya..
    So, uda jago dimana ya? (narsis dot com), He3x

  2. masih mending bisa nulis atau ngomong… kan orang indonesia banyak yang dapat 2 kesempatan seperti itu

  3. halah…!!!!
    saya UMUMKAN DI SINI…DI BLOG INI..!!!!

    ITU SAYA..ITU SAYA PEPENG ESCORET..!!!!

    *MAAP,CAPS LOCK LAGI ERROR

  4. oalah pepeng to
    heheheh πŸ˜›

    bahasa tulisan itu kadang jadi pelarian bagi mereka yang kesulitan dalam bahasa lisan
    πŸ˜‰

  5. oalah,,,itu ttg kamtib edyan loenpia toh,,,hoaaoaoaoahihihihiih..
    eh tapi jan tenan ok, nek kopdar wong kuwi nyenengke tapi nek neng milis NJELEHI huek huek CUIH!!!

    *salah satu org yang sering di’damprat’ kamtib edyan kuwi*

  6. sebenernya kalo dieksplorasi, bahasa tulisan bisa sangat menjembatani pikiran lo… lebih dari bahasa lisan.

    bahkan penulis tertentu, tidak cuma menyajikan imaji lukisan yang sangat detail, tapi juga sampai menghadirkan bau, wangi ataupun busuk, hanya dengan kombinasi huruf-huruf.

    emg dengan bahasa lisan juga bisa sih menghadirkan bau itu… ya dari rongga mulut si pembicara. :))

  7. hm…
    tipikal orang emang beda-beda ya mbak…
    aku malah termasuk orang yang lebih ‘aman’ pake bahasa tulis daripada lisan…
    kayaknya sih bermasalah di intonasi sama spontanitas…huehehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s