BACA..MEMBACA…APA YANG BISA DIBACA


Dulu kesukaan saya dalam hal membaca tidak didukung dengan fasilitas yang memadai. Buku mahal, apalagi di Prabumulih, toko buku bisa dihitung dengan jari. Meski begitu, Bapak rajin membelikan majalah, komik, dan cergam untuk saya. Tom-Tom, Ananda, Bobo, dan Kuncung yang menjadi langganan bacaan saya. Masih ingat ketika itu, bapak pulang kantor dengan satu tas buku bacaan. Saya menyambutnya dengan gegap gempita. Buku-buku itu dibeli bapak pada acara bazar buku di kantornya. Tumben…padahal bazar buku adalah hal langka di Prabumulih.

Di lingkungan kompleks tempat tinggal kami, kebetulan ada perpustakaan mungil. Jaraknya hanya 300 meter dari rumah saya. Lumayan lengkap koleksi buku di sana. Sayangnya untuk berkunjung ke perpustakaan itu tidak bisa setiap hari. Kami diberi jadwal oleh pengelola perpustakaan. Misalnya untuk anak yang tingal di Jl. Anggur hari Senin, Jl. Pramuka, Selasa…Jl.Asampaya, Rabu…begitu seterusnya. Praktis kami hanya berkunjung ke perpustakaan itu hanya seminggu sekali. Maklumlah perpustakaan itu hanya berukuran kecil. Tidak mampu menampung jumlah anak2 sebaya denganku di kompleks itu.

Buku yang sering sekali saya pinjam waktu itu, Buku G 30S PKI. Tebal, berwarna merah..terbitan mana saya sudah lupa…Buku lain : Bob Napi Badung, Asterik, Smurf, Tiga Cewek Badung, dan banyak lagi dongen fabel yang saya baca. Ahhh menulis cerita ini, saya merasa ada di sana sekarang. Duduk di pelataran perpustakaan di bawah pohon kupang yang berbuah merah marun.

Tapi sayang, semenjak SMP, saya semakin jarang ke perpustakaan itu. Kami sudah tidak tinggal lagi di kompleks itu. Bapak pensiun dini, dan bekerja pada perusahaan minyak yang lain. Perpustakaan jauh, toko buku sedikit dan kebanyakan buku yang dijual di sana adalah buku Wiro Sableng dan novel percintaan. Ah..mana saya suka buku bacaan begitu. Sejak itu, saya miskin bacaan.

Saya mulai membaca lagi, ketika di Jogja. Saya sering kalap melihat buku-buku yang dijual di shoping, atau di toko buku Toga Mas, atau Social Agency, yang menawarkan buku dengan harga diskon. Sewaktu kuliah, saya harus benar benar bisa memanage uang kiriman agar tidak kehabisan di tengah bulan. Saya juga harus lebih mengutamakan membeli buku kuliah daripada buku-buku fiksi yang saya sukai. Kiriman uang orang tua, hanya pas-pasan. cukup untuk sewa kamar kost, makan, transport, dan buku (itupun hanya satu-dua buku saja). Untunglah sewaktu kuliah saya bisa mencari tambahan uang saku. Saya bekerja apa saja yang menghasilkan uang, dan halal. Dari sana saya bisa membeli buku, meski tak banyak.

Sekarang, setelah menikah…meskipun tidak punya banyak waktu luang untuk membaca, namun saya pasti masih rutin mambaca buku. Satu bulan ada sekitar 8 buku yang saya baca. Tergantung tebal tipis buku itu. Membaca kadang membuat saya menjadi egois. Bagaimana tidak, ketika di rumah seharusnya saya bermain dengan alif, saya malah menenggelamkan diri dalam buku bacaan saya. Untunglah Alif nggak protes, dia bahkan memiliki koleksi bacaan sendiri.

Terus terang saya ingin sekali bisa membuat resensi buku. Dalam rangka belajar, dan menggiatkan semangat membaca, saya membuat blog khusus untuk belajar menceritakan kembali isi buku. Silahkan mampir KE SINI ya….Matur nuwun.

Advertisements

16 thoughts on “BACA..MEMBACA…APA YANG BISA DIBACA

  1. Heeei punya blog baru lagi yah? Tapi kok-kok-kok saya ga bisa kasih komen di wordpress siiih? hiks

  2. hidup buku!! .. tp saya sering dibilang kurang kerjaan, “buku ratusan ribu kok dibeli??” tp kalo udah cinta mo gimana lagi πŸ˜›

  3. salut…
    aku sih buku komik aja udah mulai males bacanya.. apalagi buku pelajaran dan buku2 berat lainnya πŸ˜›

    *makin ke sini makin males baca buku..

  4. elehhhhhhhhh………Bun, punya blog baru to, resensi?
    eh, jadi inget stensilan jaman dulu…wakakakakakakkk….

    *singsingkan lengan baju, bergabung dengan Bunda dan Adi untuk kembali giat membaca!*

  5. delapan buku dalam sebulan..?
    wow..keren..!!!

    blog barunya asik..jadi nambah referensi sebelum ke toko buku..
    πŸ˜€

  6. saya suka dengan buku, suka sekali malah. tapi yang kadang sering jadi masalah adalah tidak ada cukup waktu untuk membaca. soalnya saya kalo membaca buku harus sampai selesai baru bisa mengerjakan yang lain. 😦
    jadi kalo “ngelengkΓ©” mambaca, pekerjaan yang lain jadi ngga selesai πŸ˜›

  7. Bun’.. makasih dah mampir ke rumah ria yaa..
    btw, kok bisa sama ya bun’ ria juga lg baca bukunya Seno gumira ajidarma yang Linguae, hehehe.. semakin susah di telaah semakin asyik buat ria bacanya loh bun’..
    besok2 kabar\i ria klu ada buku sastra yg bisa dan asyik di baca ya bun’..
    happy weekend.. πŸ˜‰
    ~hugs~

  8. 8 buku sebulan? waaa…enak banget. aku beli buku semampuku aja, mbak. kalo ada duit ya beli, kalo nggak ya baca koleksi2 lama. mahal jeee…

  9. makasih yun ulasan buku bukunya… πŸ™‚
    btw sekarang ngga perlu bingung lagi kan dimana bisa membaca. secara bukannya di inet banyak yang bisa dibaca,,… blog, dll :p

  10. suka baca ya mbak… aku ada banyak koleksi nih… tiap bulan kan dpt gratis, maklum mburuh di penerbit. yuk kpn2 ketemu, takgawakke, siji wae yo hehe…

  11. bunda ipal ga jadi ke yogya soalnya ada projek yang harus iwan lakuin dari kantor… :(( kapan lagi coba bisa?tak ada yang tau

  12. slamat lah mak…aku malah kok rada males saiki neng kongkon moco…luwih seneng ndelok tivi je πŸ˜€

  13. ketagihan baca emang ga bisa ditinggalkan, aku sepertinya sudah ritual gitu, minimal sebelum tidur hrs baca sedikit, (giliran Quran aja, ga sering2 hehe…)

    hanya skrg jarang beli buku, mahal sih, mengalah utk anak2…

    namun itu tak menghentikan minat baca toh, aku masih sering sewa buku, pinjem buku2 tmn, sayangnya tmnku 2 org yg selalu byk budget utk buku2 baru udah pindah ke aceh…

  14. salam kenal mba, aku dulu juga tinggal di prabu..aku juga sering ke perpus yang sekarang jadi binaria 1…di situ aku mulai mengenal bacaan.
    Dulu aku tinggal di jalan Sawo. Sekarang aku tinggal di USA. Salam kenal aja yah mba.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s