AKHIR DAN MULA


Seperti membaca novel yang tertebak akhir ceritanya, aku sudah mengetahui ending cerita ini jauh sebelum aku menemukan halaman pertengahan dan terakhir sebagai klimaksnya. Aku sudah bisa menerka nerka sajian penutup episode tak berjudul ini. Tapi ternyata akhirnya lebih buruk dari apa yang sudah aku perkirakan.

Menerima saja dengan lapang hati, itu sudah merupakan keharusan. Berat pasti, bagaimana tidak? Tempat aku menemukan kesejatianku, rumah bagi pembelajaranku, aktualisasi diri, kini aku terdepak tanpa aku mampu memberikan sederetan argumen yang sebelumnya aku susun retorikanya. Semuanya amblas karena ketidaksukaanmu akan aku yang tau banyak tentangmu. Lho lho..bukankah selama ini aku tutup mulut untuk semua urusan tetek bengekmu, man??? Bukankah selama ini aku masih menghargaimu sebagai atasanku dengan memperlakukanmu layaknya itu?. Kamu minta apa lagi dariku? Aku sudah melakukan lebih…

Ahhh biarlah, setidaknya aku bisa belajar banyak dari peristiwa demi peristiwa yang mengalir ini. Salah satunya mengendalikan emosi yang sempat meledak ledak dulu ketika melabrak meja kerjamu, perang urat leher, sampai ke usahamu menendang apa saja yang akan menghambat laju karir apus-apusmu. Senyum kecut saja ketika runtutan peristiwa berkelebat di benakku yang lelah. Sekarang aku merasa lebih baik, lebih tenang, lebih mampu mengatur nafas ketika mulai disesaki perasaan diperlakukan tidak adil.

Senin besok, aku akan memulai lagi semuanya dengan berbantu sisa tenaga dan kekuatan yang semoga saja mampu menguatkan aku untuk berdiri tegak lagi.

Aku akan memulai dengan bab baru, yang didalamnya aku yang menentukan jalan ceritanya. Semoga terjawab setelah Jum’at besok.

*Gee!!!, kamu akan menjadi orang pertama yang mengetahui hasilnya… (hasil pembicaraan kita di Excelso, tempo hari). Semoga harapku terwujud.

25 thoughts on “AKHIR DAN MULA

  1. masih banyak tanah yang lebih baik lagi nai, sabar yah, pasti akan ada jalan keluarnya

  2. wah mo pindah kerja ya nai
    mudah2an dapat yg terbaik yah
    aku doakan dari sini *hugs unai*

  3. aku kudu mbok kandani ending critamu. nanggung no, wingi critane durung rampung. yen nganti ra ngandani, tak jothak kowe…..hehehehehehe

    sms aku yak !!! tak tunggu

  4. bunda kita tetap masih bisa menyanyi dan menari kan…??? seperti kemarin bunda mengajakku.. aku tidak inggin menari dan menyanyi sendiri…

  5. yogya ku cinta kutinggal kan kapan yah balik lagi ke yogya.ga nyambung kayaknya wakkwakawkwak

  6. Yaya..gak papa kok Ya..Pasti Ya!!! Dia sebaik baiknya penolong, kan?

    Madame, tanah lain yang lebih gembur dan subur untuk digarap, bukan begitu?

    Uli, Amien 1000x

    Bugtronic, iya keikhlasan adalah kuncinya

    Lucy, i hope so

    Mata, SMANGADDD hehehe

    Tiwi, keberhasilan dan kesuksesan tidak dapat diukur dari berapa banyak penghasilan kita kan mbak?

    Uda, makasih bantuin doa ya da

    Irf, hahah sesama yang punya hutang dilarang saling berhutang ya…i will le.

    Say, pasti…banyak ruang untuk emnari bersama usir sepi mendera, ciehhhh

    Peng, yiuk..lama juga kamu gak pulang kan?

    Mamat, ada apa ya kang?

    Ipal, biar gak nyambung yang penting komen hehehe

  7. Mbak Unai, berbekal pengalamanmu..smg episode berikutnya adalah yg terbaik dan terindah πŸ™‚

    Kudoakan selalu.amin.

  8. enek opo to mak?! lagi ribut karo konco kantor po? kowe nek nesu yo iso galak yo tibane? πŸ˜€

    sek mak.. iki sih kesel + mumet arep ngisi amunisi maneh. :((

    siwoer

  9. sama bapak yang dulu itu ya jeng…. biarin aja.

    “lakon menange keri” Tuhan punya rencana yang lebih indah untukmu πŸ™‚

  10. Bunda…aku datang…bunda koq SB nya error yaa..aku ninggalin jejak disini aja yaa bun.. sun tuk dd Alif ku..:-*

Leave a Reply

