TOPENG MONYET



Wah, lama banget nggak nonton aksi topeng monyet. Saking lamanya sudah nggak inget lagi kapan terakhir kali nonton tuh monyet beraksi.
Senin seminggu yang lalu, sepulang kerja. Belom lagi aku berganti pakaian, dari jauh kedengeran suara gendang dipukul, sorak sorai anak2xpun mengikuti dari belakang.
“topeng monyet…topeng monyet…” teriak mereka sambil terus ngikutin topeng monyet dari belakang.

“Sini pak..!!” panggilku. Aku juga kangen, yaaa itung2x nostalgia masa kecil sambil nyenengin Alif dan anak2x yang ternyata sudah berkerumun menunggu aksi si topeng monyet. Dung dung trek dung dung…bunyi genderang mulai ditabuh..
Monyet beraksi, mulai dari memakai topeng, menjadi tentara dengan membawa senapan, berbelanja ke pasar, membawa hasil pancingan. Kaya’nya standar banget deh, dan urutan2xannyapun itu itu saja. Aku minta dua kali pertunjukan, dan pasti atraksi pertama monyet mengambil topeng reog, melompat seperti sedang atraksi reog, begitu seterusnya…sampai aku hafal apalagi setelah ini…
Mungkinmonyet lebih mudah mengingat apa yang harus dilkukan dengan berurutan. Coba kalo atraksi memakai topeng reog jadi paling akhir, membawa senapan dijadikan atraksi pertama…bisa nggak ya???

Kasihan juga lihat monyetnya, kelelahan mencari uang. banyak luka di sana sini yang sama sekali tidak diobati. Batinku..”dasar tidak berperi kemonyetan, mau uangnya doang”. Monyet itu juga ditempatkan di kotak yang sangat sempit, sampai harus meringkuk. Mungkin kalo monyetnya bisa bilang, dia bakal protes ya soalnya kakinya pada kesemutan.

Belakangan aku tau’, ternyata seperangkat piranti pertopeng monyetan itu seharga satu juta rupiah, dengan monyet yang sudah pinter tentunya. Kalo sehari monyet itu ditanggep 10 kali, dengan rata rata penghasilan 10 ribu sekali tanggep, lumayan juga nih bisnis monyet hehe bisa dapetin seratus ribu sehari. Bisa pulang modal dalam sepuluh hari dong ya…:).Tapi belom tentu juga setiap harinya laku segitu…
Besok aku mau beli seperangkat peralatan topeng monyet ah…

Berminat jadi pawangnya???

Advertisements

20 thoughts on “TOPENG MONYET

  1. wah aku ki wis duwe topenge…kari monyete sing durung….. ngalamar dadi monyet toh jeng kekekeke. walah kok ono wae postinganmu.

  2. nggak ah..Raihan tuh paling takut ama topeng monyet..klo liat topeng monyet, langsung jalan2 mundur sambil tangannya di goyang2 ..”nggak nda” ..gitu

  3. kok namanya topeng monyet sih? bukannya yg bermain monyet beneran?

    andai saja teori darwin bener, betapa kita telah berlaku tidak sopan kepada nenek-moyang huehehehe

  4. Topeng monyet di tempatku sekarang lebih kreatif. Kalo jamanku dulu musik pengiringnya cuma kendang kecil dan beberapa alat2 kecil lain. Sekarang pada pake musik yang rame banget, jadinya mengundang banyak orang buat ikut nonton. Bahkan ada yang pake musik Dangdut loh!! πŸ˜€

  5. Waduh… jadi inget wau-wau aku yang dulu ilang hiks… Pin-pin, where are you??

    Dulu waktu beli namanya hendrik, trus udah masuk Islam namanya aku ganti Aripin nickname Pin-pin…

  6. wah jgn meng”obyek”kan si alif dong…
    kasian

    demi ambisi ibunya yg pengen bisnis topeng monyet, trus anaknya dikorbankan…

    *kabuuurrrr*

  7. Uli,Keknya sekali2x perlu deh nonton kek beginian..hihihi takut ya??

    BUNDA…ya BUnda ajah yang nonton..Raihan gak usah diajak, kan Bunda pingin hehe

    Pak Win, topeng monyet maksudnya monyetnya pake topeng, lha kalo otang yang bertopeng namanya topeng orang :P…mau nyobain???

    Bev..di Jogja masih ada tuh topeng monyet, sudah langka sih..

    Q..oh ya…pasti kamu senneng kan yang pake musik dangdut, ketauan nonton paling depan hehe

    Woer..bisnis apapun bolleh kannn???, met wiken juga ya…mau ikut bisnis??

    Ida..turut berduka ya atas hilangnya Pin-Pin..hiks

    Adi..*jitak ah

  8. Nai… Kok kamu sempat Tanya harga seperangkat alat sholat dibayar tunai .. eh salah…. Maksudku seperangkat piranti topeng monyet segala n sudah bikin analisis biaya segala, kayaknya kamu ada minat bener mo bisnis sampingan yg satu ini. Aku ndaftar jadi kasirnya saja, ntar kamu yg jadi pawangnya πŸ˜€ enggak sekalian Tanya cara melatihnya kemarin?

  9. Wah, inget topeng monyet jaid inget Chacha waktu kecil suka nonton monyet, hehe..

    Ini leot sejuk amat. aku suka bgnya, keren unai..

  10. Mbak Unai,

    Tiap postingan yg mengingatkan satu kecerian berkumpul bersama, membuat aku semakin rindu kepada tanah air.

    Terakhir nonton topeng monyet 2002, monyetnya bernama Sarini…ayo…Sarini mo ke pasar…bawa keranjang, pake payung…ayo ..ayo…siapa yang mau nitip *Sarini kejar setoran* πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s