Marhaban ya Ramadhan


Alhamdulillah, besok dah puasa..brarti kita berkesempatan untuk menikmati lagi bulan yang penuh nikmat ini…

Sudah seminggu ini, suasana Jogja syahdu, meski masih agak panas, tapi matahari sepertinya sudah mau bersahabat, ya…mungkin inilah kemudahan Ramadhan…

Ramadhan di Jogja, ehm khas sekali, gak aku dapetin selama aku di Prabumulih…
memang sih lingkungannya mendukung sekali, jadi kita bisa menikmati Ramadhan dengan khusyuk. Setiap menjelang buka, Surau, Langgar, Musholla, Masjid, menggelar beragam acara, dimulai dari TPA buat anak-anak, tadarusan, kajian Al Qur’an, serta pengajian yang kemudian yang paling seru adalah buka puasa bersama. Biasanya warga bergantian menyediakan aneka panganan untuk berbuka di Masjid, Mushola, Langgar, ataupun Surau, nah..itu namanya ta’jilan, seru…karena kita bisa makan makanan yang sebelumnya belom pernah kita kenal, lagian kita bisa nambah temen juga. Lagi…kalo kita kebagian jadwal sebagai pena’jil, hmmm senangnya bisa berbagi, mungkin mereka juga merasakan hal yang sama ya…??

Lain lagi dengan ta’jilan, ada juga lho pasar tiban( pasar yang dibuka pada saat tertentu,kaya puasa sekarang ini) yang menjual bermacam-macam panganan, dari berbagai daerah, ehmmm yummy. Pasar tiban yang paling rame itu di Kauman… di sepanjang lorong rumah penduduk, pasar itu nggak pernah sepi pengunjung. Asli mau makanan khas Jogja…banyak, Sumatra ada, Sunda ada juga…wuih…kalo sore, menjelang buka pasar itu disesaki pengunjung…sayang harganya mahal…(dulu sebelum BBM naik, sekarang mungkin tambah mahal :P). Tapi nggak papa, nggak menyurutkan pengunjung kok…
Pasar tiban lain juga ada di sekitar Kampus UGM, nah yang satu ini cewek2x cantik maksudnya anak-anak muda) banyak yang jualan, mulai dari kolak pisang, burjo, es koktail, lontong opor, nasi kuning…ehmm seru..tapi sayang…yang jualan suka …Pff maaf ya…pake baju adiknya…, alias kekecilan, jadilah udel dan bokong sering keliatan, nggak ketinggalan Keti juga terlihat…wah padahal Ramadhan ya…apa semua setan terbelenggu ? (Setan…Kasiannnn deh Lu…).

Guys…stiap daerah pasti punya keunikan sendiri…crita dunk…biar kita jua tau gimana suasana Ramadhan di sana…
Buat Mbak Ria…nun jauh di sana,Mas Qyu, Jeng Isna, dan Mas DQ, tak tunggu lho ceritanya…(ups…tidak bermaksud menyambit lho…)

BTW…selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1426 H…
Semoga kita dapat benar2x menyucikan hati kita…Amien

Advertisements

9 thoughts on “Marhaban ya Ramadhan

  1. Nice to visit your blog, we hope you will come check out our
    blog site. We have articles on jewelry. We add new information often.

  2. pasar Tiban di Kauman itu….. aku dah lama tau, tapi kata sodaraku yg di kauman pula…. katanya Mahal 😀 lagian terlalu ramai ya… 🙂

    Kalau yg di UGM, dekat jakal, wow…. hunting kesana bawa camera berani? 😛

  3. kangen sande monink-an di ugm sambil liat orang2 sliweran, masih ada ga ya…. boleh dong unai jadi guidenya kalo kapan2 kesana ?? 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s